Les privat sd surabaya, Les Privat SD di Surabaya - Les Privat SD Sidoarjo - Les privat smp surabaya, Les privat sma surabaya. Les privat bahasa inggris Surabaya, . HUB. LBB SUPRAUNO: 0857 33333 923

Dispenik Sanksi Sekolah yang Lakukan Perpeloncoan

Dispenik Sanksi Sekolah yang Lakukan Perpeloncoan

SURABAYA – Menjelang dimulainya proses belajar mengajar, para siswa kelas I, kelas VII, dan kelas X mengawalinya dengan mengikuti layanan orientasi siswa (LOS). Agenda itu berlangsung mulai Senin lusa hingga Rabu (27–29 Juli).
Hari ini para siswa baru itu diminta datang ke sekolah masing-masing untuk pra LOS. Di situ siswa akan diberi pembekalan mengenai apa saja yang harus dibawa dan dipersiapkan. ”Tidak usah takut menghadapi LOS. Surabaya bebas perpeloncoan,” tegas Ikhsan.
Tiga tahun lalu, nama masa orientasi siswa (MOS) diganti menjadi LOS. Pergantian kata masa menjadi layanan punya arti bahwa saat LOS para guru dan kakak kelas harus melayani siswa baru. ”Siswa baru harus diberi kegiatan menyenangkan. Lewat kesan pertama yang menyenangkan, mereka bisa betah di sekolah,” katanya.
Selama tiga hari, para siswa akan diberi materi khusus, termasuk yang berhubungan dengan kesurabayaan. Wali murid juga akan diundang ke sekolah untuk mendengarkan sosialisasi program tersebut.
Menurut Ikhsan, hal itu sinkron dengan perintah Mendikbud Anis Baswedan untuk mengundang wali murid pada hari pertama sekolah. ”Surabaya sudah seperti ini tiga tahun terakhir. Kami senang sekali banyak program Kemendikbud yang sama dengan program kami,” ucapnya.
Jika ada sekolah yang ketahuan melakukan perpeloncoan yang menjurus pada kekerasan fisik atau psikis siswa baru, dispendik memastikan segera turun tangan. ”Kami akan beri peringatan keras. Jika masih diteruskan, kami akan hentikan kegiatan itu,” ujar Ikhsan.
Kepala SMAN 12 Titik Hariani mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan menyambut siswa baru. ”Kalau di sekolah kami, setiap hari ada program sarapan bareng,” paparnya.
Pada Rabu, akan ada 23 penampilan dari ekstrakurikuler. Kakak kelas boleh unjuk bakat. Siswa baru sambil melihat sekalian bisa memilih ekskul sesuai minatnya. ”Jumatnya, kami udang wali murid untuk pemaparan program sekolah supaya jalinan antara sekolah dan wali murid bisa bagus,” papar perempuan yang juga guru biologi itu.
Selain SMAN 12, SMPN 35 melakukan persiapan untuk LOS siswa baru. Hari ini (25/7) siswa kelas VII diimbau datang ke sekolah untuk mendapatkan pengarahan. Kepala SMPN 35 Sumarli menjelaskan sudah membentuk panitia khusus yang bertugas mempersiapkan LOS. Panitia itu dihimpun dari para guru dan siswa.
Terdapat 380 siswa baru SMPN 35 yang akan mengikuti LOS. Sumarli menerangkan, siswa baru bakal mendapatkan kegiatan beragam. Kegiatan tiga hari tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masing-masing siswa selamanya. ”Kegiatan utama LOS adalah pengenalan lingkungan. Tema tersebut dapat dijabarkan dalam berbagai jenis kegiatan,” ujarnya. Di antaranya, siswa diajak mengenal guru dan karyawan di sekolah, pelatihan soft skill, dan pengenalan lingkungan adiwiyata sekolah. ”Tentunya tidak lupa. Penanaman akhlak juga penting untuk para siswa. Salah satunya, ada kegiatan salat berjamaah,” ungkapnya.
Apabila perilaku dan akhlak ditanamkan secara seimbang, Sumarli yakin dapat terbentuk karakter siswa yang cerdas dan berguna bagi kehidupan bangsa dan negara. ”Tidak hanya selama tiga hari ini. Pengenalan itu terus dilanjutkan nanti. Jangan sampai terputus begitu saja,” terang Sumarli.
Dia menegaskan, kegiatan LOS nanti jauh dari perpeloncoan. ”Semua kegiatan positif dan bermanfaat. Sekolah sudah mempersiapkan. Tidak ada perpelocoan dalam jenis apa pun,” imbuhnya. (ina/bri/c6/ayi)
Comments
0 Comments