Les privat sd surabaya, Les Privat SD di Surabaya - Les Privat SD Sidoarjo - Les privat smp surabaya, Les privat sma surabaya. Les privat bahasa inggris Surabaya, . HUB. LBB SUPRAUNO: 0857 33333 923

Mahasiswa UGM Presentasi Penelitian ke Prancis

Mahasiswa UGM Presentasi Penelitian ke Prancis

NURSILA Uke Dessy (20), Mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta asal Wonogiri, berhasil menemukan formula baru pakan unggas. Berkat temuannya itu, 20 Februari dia diundang ke Prancis, untuk presentasi hasil penelitiannya.

Mahasiswi semester VI Fakultas Peternakan UGM ini diagendakan melakukan presentasi di forum konferensi internasional World Academy of Science, Engineering and Technologi Ineternational Conference on Animal Science and Veterinary Medicine (ICASVM) 2015. Sebagai delegasi mahasiswa Indonesia, Nursila akan mengangkat tema ”Animal and Veterinay Medicine Science.”

Nursila lahir pada 7 Mei 1995 di Dusun Sumberejo Kulon RT 3/RW 5 Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Dia merupakan putri kedua dari tiga bersaudara pasangan Sutarno dan Ida Farida. Nursila lulusan SMA 1 Wuryantoro pada 2012 melalui program akselerasi, yakni program percepatan belajar dua tahun lulus. ”Saya hanya petani desa,”  kata ayah Nursila, Sutarno.

Menurut Sutarno, putrinya mendapat beasiswa, sehingga bisa meneruskan kuliah ke UGM. Mendengar Nursila terpilih menjadi delegasi ke konferensi ilmiah tingkat dunia, Sutarno merasa bangga.
Bunga Rosella

”Senang, tapi pusing kesulitan memikirkan biaya ke Prancis. Karena itu, saya sangat senang bila ada pihak yang peduli membantu dana untuk biaya anak saya yang akan ke luar negeri,” tutur Sutarno.
Menurut Nursila, pada akhir 2013 hingga awal 2014 dia aktif meneliti bunga rosella yang banyak tumbuh di sekitar kampus. Nursila membuat tepung dari bunga rosella. ”Tepung bunga rosella kemudian saya ramu untuk campuran pakan unggas,” ujarnya.

Dari formula penambahan 2,5 persen tepung bunga rosella pada pakan ayam broiler, diperoleh banyak manfaat pada pertumbuhannya.

Diperoleh penambahan berat badan ayam 0,5 kg dalam waktu satu bulan. Pakan ayam umur sebulan yang tidak dicampur tepung bunga rosella, hanya berbobot 1 kg. Tapi, yang dicampur tepung bunga rosella, beratnya 1,5 kg. ”Karena rosella mengandung antioksidan dan detoksid penetral racun,” kata Nursila yang menjadi peneliti ini. (Bambang Pur-37)
Comments
0 Comments