Les privat sd surabaya, Les Privat SD di Surabaya - Les Privat SD Sidoarjo - Les privat smp surabaya, Les privat sma surabaya. Les privat bahasa inggris Surabaya, . HUB. LBB SUPRAUNO: 0857 33333 923

Semangati Anak Kembali ke Sekolah

Semangati Anak Kembali ke Sekolah

SURABAYA - Libur panjang berakhir. Mulai besok para buah hati kembali ke bangku sekolah. Berbagai hal dipersiapkan untuk menyambut dimulainya tahun ajaran baru. Zhafira Hajar dan Mohammad Fawa'az Dhawi, misalnya. Kakak beradik tersebut mengatakan sudah siap masuk sekolah.

Berbagai peralatan sekolah yang selama liburan menjadi barang terlupakan kini mulai ditata lagi. "Sebagian besar beli baru. Kotak pensil, buku tulis, dan tas baru sudah siap," ujar Zhafira kemarin (10/7).

Zhafira mengatakan sudah ingin sekali kembali ke sekolah. Menurut dia, liburan selama tiga minggu dianggapnya terlalu lama hingga menimbulkan rasa bosan. "Kalau sekolah senang, bisa bertemu teman-teman," ungkap siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 4 Surabaya tersebut.

Demikian juga si kecil Fawa'az. Siswa TK B Playgroup dan TK Primagama tersebut menuturkan bahwa dirinya ingin cepat sekolah agar bisa bermain sepuasnya dengan teman-teman. "Di sekolah banyak mainan," ungkap Fawa'az.

Tidak hanya peralatan yang mesti disiapkan jelang masuk sekolah seperti saat ini. Menurut ibunda dua bocah tersebut, Ema Nur Rochima, dirinya juga harus memunculkan lagi semangat bangun pagi. "Kalau biasanya libur boleh bangun siang, besok waktu masuk sekolah harus bangun pagi," kata Ema.

Ema juga mengurangi jam yang biasa digunakan Zhafira dan Fawa'az untuk menonton TV dan bermain games di masa liburan. Agar tidak kaget, Ema mulai menerapkan aturan itu dua hari sebelum anak-anak mulai masuk sekolah. "Biar mereka mulai terbiasa dengan rutinitas sekolah lagi." tambahnya.

Menyiapkan anak kembali ke sekolah setelah liburan panjang memang harus dilakukan. Khawatirnya, tanpa persiapan, anak bisa kaget begitu menjalani proses belajar. Mereka yang biasanya menghabiskan hari dengan bermain kala liburan mendadak dituntut berkutat dengan buku-buku.

Menurut Yudita Oktaviana, kepala TK dan Playgroup Primagama, hal pertama yang dilakukan dalam persiapan itu dalah mengingatkan anak bahwa liburan telah usai.

"Kalau bisa, dua atau tiga hari sebelum masuk sekolah anak-anak mulai dilatih bangun pagi lagi," ungkapnya.

Penyiapan itu juga harus dilakukan oleh sekolah. ''Kalau bisa sekolah mengubah setting kelas agar anak menemukan sesuatu yang baru dan makin semangat sekolah." katanya.

Umumnya sekolah juga memiliki program khusus untuk menampung masa adaptasi anak, yang disebut masa orientasi. (upi/c7/ayi)
Comments
0 Comments