Les privat sd surabaya, Les Privat SD di Surabaya - Les Privat SD Sidoarjo - Les privat smp surabaya, Les privat sma surabaya. Les privat bahasa inggris Surabaya, . HUB. LBB SUPRAUNO: 0857 33333 923

12 Sekolah Tak Lulus UN SMP

12 Sekolah Tak Lulus UN SMP

JAYAPURA - Sebanyak 12 sekolah tidak lulus Ujian Nasional (UN) SMP. Akibatnya, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) pun akan turun tangan terkait hal tersebut.

Mendiknas, Mohammad Nuh mengatakan, intervensi tetap dilakukan bagi SMP seperti UN SMA yang tingkat kelulusannya diketahui 0 % tersebut. Kemendiknas tidak akan tinggal diam membiarkan sekolah tersebut terpuruk.

Namun dirinya menegaskan, tidak hanya sekolah negeri yang diintervensi namun sekolah berstatus swasta juga akan diperhatikan. Intervensi yang dilakukan bagi sekolah tersebut, dalam bentuk penyatuan sekolah yang tidak lulus dengan sekolah didekatnya yang bermutu dan berfasilitas bagus.

Akan tetapi, bagi sekolah yang manajemennya masih kuat tidak perlu digabung namun akan diperkuat dari sisi fasilitas dan sumber daya manusia serta keuangannya. "Faktanya memang tidak semua sekolah di Indonesia bagus," kata M Nuh usai meresmikan gedung baru rektorat Universitas Cendrawasih, Papua, Jumat (3/6/2011)..

Terkait intervensi keuangan, tahun lalu dimana ditetapkan bahwa UN tidak hanya ditetapkan sebagai standar kelulusan namun juga pemetaan maka Kemendiknas memberikan dana Rp1 miliar per 100 kabupaten. Dirinya mengklaim bahwa intervensi tersebut menghasilkan kabar gembira bahwa mutu sekolah pun naik.

Tak hanya itu, tingkat kelulusan dalam 100 kabupaten dan kota sebelum menerima dana mencapai 64 % namun setelah dibantu meningkat menjadi 80 %. Nilai rata-rata pun naik dari 5,8 meningkat menjadi 6 koma. "Ini artinya semakin meneguhkan bahwa kalau sekolah itu diurus dengan tindakan yang benar maka hasilnya akan benar juga," jelas mantan Menkominfo tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendiknas Mansyur Ramli membeberkan sekolah yang tingkat kelulusannya 0 % masing-masing SD dan SMP Bonhkakoy kabupaten Tujo Una-Una, Sulawesi Tenggara, SMPN Fef Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, di SMPN 4 Wasile, kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, dan SMPN4 Tumbang Titi dan Mts At-Taroqi Kendawangan kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Mansyur menambahkan, sekolah lainnya yakni dua SMP di Jawa Timur yakni di SMP PGRI Kedewan Bojonegoro dan SMPN Terbuka Pragan Sumenep, di Jawa Timur. Kemudian di Jawa Tengah SMPN Petanahan Kebumen, SMPN 1 terbuka Cepiring Kendal dan SMPN Terbuka Tretep, SMPN Terbuka Tembarak dan SMPN Terbuka Bulun. Ketiganya berada di Temanggung.

Seperti diketahui, sebanyak 20.234 siswa atau 0,55% yang tidak lulus UN tingkat SMP. Sementara kelulusan peserta UN SMP/MTS Tahun Ajaran 2010/2011 mencapai 99,45 %. Dari 3.660.803 peserta UN SMP/MTS jumlah peserta yang lulus sebanyak 3.640.569. Dibandingkan angka kelulusan tahun 2009/2010 ada kenaikan jumlah kelulusan. Angka kelulusan UN tahun lalu gabungan ujian utama dan ujian ulang sebanyak 99,42 %.

Dari sebanyak 3.677.531 siswa yang dimasukkan nilai siswanya ada 16.728 siswa yang tidak mengikuti UN. Provinsi yang paling banyak tidak lulus dari sisi persentase adalah Kalimantan Barat 6,15 % dari 60.518 peserta, sedangkan paling banyak lulus adalah DKI Jakarta 0,01 % dari 134.061 peserta. Jumlah peserta tidak lulus paling banyak Provinsi Jawa Tengah sebanyak 4.823 siswa dari 505.393 peserta. Adapun rerata nilai akhir siswa secara nasional 7,56. Paling tinggi Provinsi Bali 8,11 dan paling rendah Kalimantan Barat 6,71. (put)
(Neneng Zubaidah/Koran SI/hri)
Comments
0 Comments